Minggu, 12 Juli 2009

Lembu Suana (Tunggangan Sang Raja)

Lembu Suana


Berbelalai tapi bukan gajah, bersayap tapi bukan burung, bersisik tapi bukan ikan, berjengger tapi bukan ayam ... Makhluk apakah itu ?

"Lembu Suana" merupakan lambang atau simbol atau maskot Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lembu Suana adalah wahana Batara Guru yang disebut dalam falsafah :"Paksi leman gangga yakso" yang berarti: lembu bermahkota namun bukan raja, berbelalai namun bukan gajah, bersisik namun bukan naga, bersayap namun bukan burung, bertaji namun bukan ayam, bermuka raksasa namun bukan raksasa, bertanduk namun bukan sapi. Filosofi itu bermakna, bahwa seorang seyogyanya memiliki sifat-sifat mulia pengayom rakyat.


Lembu Suana, penduduk setempat percaya bahwa makhluk ini merupakan 'kendaraan spiritual' raja Mulawarman, yang merupakan raja kutai pada zaman kejayaan Hindu.

Sejarah Kerajaan Hindu I di Indonesia

Kemasyuran Kerajaan Kutai Kartanegara pernah setara dengan Majapihit dan Mataram. Namun akhirnya pameo usang: tiada yang abadi di dunia ini akhirnya terjadi pula pada kerajaan Hindu yang berpusat di Kaltim itu. Setelah berjaya hampir 13 abad sejak Kudungga, raja pertama, dengan puncak keemasan di era Mulawarman -- raja ke-3 -- Kutai Kartanegara akhirnya perlahan redup.

Pada saat mulai redupnya Kerajaan Kutai Kartanegara Mulawarman berpusat di Muara Kaman, pada abad ke-13 berdiri pula kerajaan baru bercorak Hindu Jawa di hilir Sungai Mahakam. Namanya Kutai Kartanegara Kertanegara dengan raja pertama Aji Batara Agung Dewa Sakti. Seiring dengan perjalanan waktu, sebagaimana kisah raja-raja Nusantara lainnya, terjadi saling serang dan saling takluk.


http://ipay76.blogspot.com/2009/03/lembu-suana-tunggangan-sang-raja.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar