Rabu, 05 Agustus 2009

Kepulauan Derawan, Pulau-Pulau Eksotis di Kalimantan Timur




Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.
Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.
Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.
Secara geografis, terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau Derawan serta beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga.
Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.


PULAU DERAWAN













PULAU KAKABAN


Pernah melihat danau di tengah laut? Kalau belum, pergilah ke Pulau Kakaban. Di sini ada air laut yang terperangkap, sejak 19 ribu tahun sebelum Masehi. Jadi, sekarang umurnya 21 ribu tahun lebih. Jadi ini merupakan danau prasejarah yaitu zaman peralihan Holosin. Luasnya sekitar lima kilometer, berdinding karang terjal setinggi 50 meter, yang mengakibatkan air laut yang terperangkap tidak lagi bisa keluar, menjadi danau. Karena perubahan dan evolusi yang cukup lama, air danau ini kemudian menjadi lebih tawar dibandingkan laut yang ada di sekitarnya.
Di dunia, tempat seperti ini hanya dijumpai di Palau, Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik. Dengan demikian Pulau Kakaban merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang mempunyai danau di tengahnya.
Pulau Kakaban dalam bahasa daerah adalah pulau yang "memeluk"'. Jadi Pulau Kakaban artinya "sebuah pulau yang memeluk danau", termasuk di dalamnya adalah flora dan faunanya yang penuh keunikan.








HABITAT PENYU


Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur adalah habitat penyu hijau terbesar di Asia Tenggara. Tapi kini jumlah populasi penyu hijau di kawasan ini menurun tajam. Ada berbagai faktor yang menyebabkan turunnya populasi penyu hijau. Tekanan habitat yang terus terjadi akibat semakin banyaknya hunian penduduk sebagai salah satu sebab turunnya populasi penyu hijau. Tapi yang faktor yang paling dominan ada eksploitasi daging dan telur penyu secara berlebihan. Mampukah hewan purba ini bertahan dan tetap lestari di tengah kepungan berbagai kepentingan?








DANAU UBUR-UBUR


Kepulauan Derawan adalah salah satu pusat keanekaragaman hayati terkaya di Indonesia. Aneka satwa yang langka dan unik hidup di kawasan ini. Salah satunya adalah ubur-ubur. Akibat proses alam yang telah berlangsung ribuan tahun lalu, umumnya ubur-ubur yang hidup di kawasan ini kehilangan daya sengat
Ubur-ubur yang ada, karena terbatasnya makanan, akhirnya beradaptasi dengan melakukan simbiose mutualistis dengan algae. Algae adalah penghasil makanan dan harus memasak makanan dengan bantuan sinar matahari. Selama ribuan tahun danau di tengah laut ini tentu saja menciptakan suatu ekosistem tersendiri yang sangat unik. Danau unik ini memiliki empat jenis ubur-ubur, salah satunya adalah ubur-ubur jenis Cassiopea..









KE INDAHAN BAWA LAUT








Di Kutip dari berbagai Forum/Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar